Struktur Program Borland C++

Struktur Program Borland C++

A P L I K A S I S E D E R H A N A – I M P L E M E N T A S I A P L I K A S I

R U N T U NAN

Berikut merupakan contoh sederhana pemrograman dengan bahasa C++, menggunakan

Borland C++

#include

main()

{

pernyataan;

}


Contoh-1 #include

#include

main()

{

int a = 7;

char b = 'G';

clrscr();

printf("%c Merupakan Abjad Yang Ke - %d", b, a);

}

Pengenalan Tipe Data

Penjelasan Borland C++ memiliki 7 tipe data dasar

Tabel 2.1. Tipe Data

Tipe

Data

Ukuran

Memori

Jangkauan Nilai

Format

Jumlah

Digit

Char

1 Byte

-128 s.d 127

Int

2 Byte

-32768 s.d 32767

Short

2 Byte

-32768 s.d 32767

Long

4 Byte

-2,147,435,648 s.d 2,147,435,647

Float

4 Byte

3.4 x 10-38 s.d 3.4 x 10+38

5 – 7

Double

8 Byte

1.7 x 10-308 s.d 1.7 x 10+308

15 – 16

Long

Double

10 Byte

3.4 x 10-4932 s.d 1.1 x 10+4932

19

Tipe data merupakan bagian program yang paling penting karena tipe data mempengaruhi setiap instruksi yang akan dilaksanakan oleh computer. Misalnya saja 5 dibagi 2 bisa saja menghasilkan hasil yang berbeda tergantung tipe datanya. Jika 5 dan 2 bertipe integer maka akan menghasilkan nilai 2, namun jika keduanya bertipe float maka akan menghasilkan nilai 2.5000000. Pemilihan tipe data yang tepat akan membuat proses operasi data menjadi lebih efisien dan efektif.

Dalam bahasa C terdapat lima tipe data dasar, yaitu :

No Tipe Data Ukuran Range Format Keterangan

1 char 1 byte -128 s/d 127 %c Karakter/string

2 int 2 byte - 32768 s/d 32767 %i , %d Integer/bilangan bulat

3 float `4 byte - 3.4E-38 s/d 3.4E+38 %f Float/bilangan pecahan

4 double 8 byte - 1.7E-308 s/d1.7+308 %lf Pecahan presisi ganda

5 void 0 byte - - Tidak bertipe

6 String - - %s String

Deklarasi Konstanta

Penjelasan Bentuk deklarasi konstanta diawali dengan reserved word const.

Bentuk penulisannya :

const nama-konstanta = nilai konstanta;


Konstanta merupakan suatu nilai yang tidak dapat diubah selama proses program berlangsung. Konstanta nilainya selalu tetap. Konstanta harus didefinisikan terlebih dahulu di awal program. Konstanta dapat bernilai integer, pecahan, karakter dan string. Contoh konstanta : 50; 13; 3.14; 4.50005; ‘A’; ‘Bahasa C’. Selain itu, bahasa C juga menyediakan beberapa karakter khusus yang disebut karakter escape, antara lain :

\a : untuk bunyi bell (alert)

\b : mundur satu spasi (backspace)

\f : ganti halaman (form feed)

\n : ganti baris baru (new line)

\r : ke kolom pertama, baris yang sama (carriage return)

\v : tabulasi vertical

\0 : nilai kosong (null)

\’ : karakter petik tunggal

\” : karakter petik ganda

\\ : karakter garis miring

Variabel

Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Berbeda dengan konstanta yang nilainya selalu tetap, nilai dari suatu variable bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan.

Nama dari suatu variable dapat ditentukan sendiri oleh pemrogram dengan aturan sebagai berikut :

· Terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf. Bahasa C bersifat case-sensitive artinya huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Jadi antara nim, NIM dan Nim dianggap berbeda.

· Tidak boleh mengandung spasi.

· Tidak boleh mengandung symbol-simbol khusus, kecuali garis bawah (underscore). Yang termasuk symbol khusus yang tidak diperbolehkan antara lain : $, ?, %, #, !, &, *, (, ), -, +, = dsb

· Panjangnya bebas, tetapi hanya 32 karakter pertama yang terpakai.

Contoh penamaan variabel yang benar : NIM, a, x, nama_mhs, f3098, f4, nilai, budi, dsb.

Contoh penamaan variable yang salah : %nilai_mahasiswa, 80mahasiswa, rata-rata, ada spasi, penting!, dsb

variabel, dibagi menjadi dua jenis kelompok, yaitu :

· Variabel Numerik

· Variabel Teks

2.3.1. Variabel Numerik

Variabel numerik ini dibagi menjadi menjadi 3 (tiga) macam :

· Bilangan Bulat atau Integer

· Bilangan Desimal Berpresisi Tunggal atau Floating Point.

· Bilangan Desimal Berpresisi Ganda atau Double Precision.

2.3.2. Variabel Text

  • Character ( Karakter Tunggal )
  • String ( Untuk Rangkaian Karakter )

2.3.3. Deklarasi Variabel

Penjelasan Adalah proses memperkenalkan variabel kepada Borland C++ dan pendeklarasian tersebut bersifat mutlak karena jika tidak diperkenalkan terlebih dulu maka Borland C++ tidak menerima variabel tersebut.

Deklarasi Variabel ini meliputi tipe variabel, seperti : integer atau character dan nama variabel itu sendiri. Setiap kali pendeklarasian variabel harus diakhiri oleh tanda titik koma ( ; ).

Tabel 2.3. Deklarasi Variabel

TIPE VARIABEL

SIMBOL DEKLARASI

Integer

int

Floating Point

float

Double Precision

double

Karakter

char

Unsigned Integer

unsigned int

Unsigned Character

unsigned char

Long Integer

long int

Unsigned Long Integer

unsigned long int

Bentuk penulisannya :

Tipe data nama variabel;


Contoh Deklarasi int nama_mahasiswa;

char grade;

float rata_rata ;

int nilai;

K O D E P E N E N T U FO R MA T

. %c : Membaca sebuah karakter

. %s : Membaca sebuah string

. %i, %d : Membaca sebuah bilangan bulat (integer)

. %f, %e : Membaca sebuah bilangan pecahan (real)

. %o : membaca sebuah bilangan octal

. %x : Membaca sebuah bilangan heksadesimal

. %u : Membaca sebuah bilangan tak bertanda.

Perintah Keluaran

#include //untuk mengaktifkan perintah printf dan scanf

#include //untuk mengaktifkan perintah getch()

Penjelasan Perintah standar output yang disediakan oleh Borland C++, diantaranya adalah :

  • printf()
  • puts()
  • putchar()
  • cout()

2.4.1 printf()

Penjelasan Fungsi printf() merupakan fungsi keluaran yang paling umum digunakan untuk menampilkan informasi kelayar.

printf("string-kontrol", argumen-1, argumen-2, …);

Bentuk Penulisan

String-Kontrol dapat berupa keterangan yang akan ditampilkan pada layar beserta penentu format. Penentu format dipakai untuk memberi tahu kompiler mengenai jenis data yang dipakai dan akan ditampilkan.

Argumen ini dapat berupa variabel, konstanta dan ungkapan.

Tabel 2.4. Penentu Format Printf()

TIPE DATA

Penentu Format Untuk printf()

Integer

%d

Floating Point

Bentuk Desimal

%f

Bentuk Berpangkat

%e

Bentuk Desimal dan Pangkat

%g

Double Precision

%lf

Character

%c

String

%s

Unsigned Integer

%u

Long Integer

%ld

Long Unsigned Integer

%lu

Unsigned Hexadecimal Integer

%x

Unsigned Octal Integer

%o


printf(%c merupakan abjad yang ke - %d,b,2);

b typenya char

Contoh-1 #include

#include

main()

{

int a = 7;

char b = 'G';

clrscr();

printf("%c Merupakan Abjad Yang Ke - %d", b, a);

}

a. Penggunaan Penentu Lebar Field

Penjelasan Bila ingin mencetak atau menampilkan data yang bertipe data FLOAT atau pecahan, tampilan yang tampak biasanya kurang bagus. Hal tersebut dapat diatur lebar field-nya dan jumlah desimal yang ingin dicetak. Berikut bentuk penulisannya :

Contoh-2 #include

#include

main()

{

float a = 7.50, b = 243.21;

clrscr();

printf("Bilangan A = %f \n", a);

printf("Bilangan B = %f", b);

}

Output yang akan dihasilkan, jika tidak menggunakan panentu lebar field adalah

Bilangan A = 7.500000

Bilangan B = 243.210007

Contoh-3 #include

#include

main()

{

float a = 7.50, b = 243.21;

clrscr();

printf("Bilangan A = %4.1f \n", a);

printf("Bilangan B = %4.1f", b);

}

Output yang akan dihasilkan, jika menggunakan panentu lebar field adalah

Bilangan A = 7.5

Bilangan B = 243.2

2.4.2. puts()

Penjelasan Perintah puts() sebenarnya sama dengan printf(), yaitu digunakan untuk mencetak string ke layar. puts() berasal dari kata PUT STRING.

Perbedaan antara printf() dengan puts() adalah :

Tabel 2.6. Perbedaan fungsi puts() dengan printf()

printf()

puts()

Harus menentukan tipe data untuk data string, yaitu %s

Tidak Perlu penentu tipe data string, karena fungsi ini khusus untuk tipe data string.

Untuk mencetak pindah baris, memerlukan notasi ‘ \n ‘

Untuk mencetak pindah baris tidak perlu notasi ‘ \n ‘ , karena sudah dibeikan secara otomatis.

Contoh-4 #include

#include

main()

{

char a[4] = "BSI";

clrscr();

puts("Saya Kuliah di. ");

puts(a);

}

2.4.3. putchar()

Penjelasan Perintah putchar() digunakan untuk menampilkan sebuah karakter ke layar. Penampilan karakter tidak diakhiri dengan pindah baris.

Contoh-5 #include

#include

main()

{

clrscr();

putchar('B');

putchar('S');

putchar('I');

}

2.4.4. cout()

Penjelasan Fungsi cout() merupakan sebuah objeck didalam Borland C++ digunakan untuk menampilkan suatu data kelayar. Untuk menggunakan fungsi cout() ini, harus menyertakan file header iostream.h .

Contoh-6 #include

#include

#include

main()

{

float a, b, c;

a=7.5; b=8.4; c=0

clrscr();

cout<<"Masukan Nilai A : "<

cout<<"Masukan Nilai B : "<

c = a + b;

cout<<"Masukan Nilai C : "<

getch();

}

2.4.5. Fungsi Manipulator

Penjelasan Manipulator pada umumnya digunakan untuk mengatur tampilan layar, untuk mengguakan manipulator ini file header yang harus disertakan file header iomanip.h . Ada beberapa fungsi manipulator yang disediakan oleh Borland C++, antara lain.

  • endl
  • end
  • flush()
  • dec()
  • hex()
  • oct()
  • setbase()
  • setw()
  • setfill()
  • setprecision()
  • setosflags()

Berikut akan dibahas beberapa fungsi manipulator, diantaranya :

a. endl

Penjelasan endl merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menyisipkan karakter NewLine atau mengatur pindah baris. Fungsi ini sangat berguna untuk piranti keluaran berupa file di disk. File header yang harus disertakan adalah file header iostream.h .

Contoh-7 # include

# include

# include

main()

{

float a, b, c;

a=7.5; b=8.4; c=0

clrscr();

cout<<"Masukan Nilai A : "<endl;

cout<<"Masukan Nilai B : "<endl;

c = a + b;

cout<<"Masukan Nilai C : "<endl;

getch();

}

b. ends

Penjelasan ends merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menambah karakter null ( nilai ASCII NOL ) kederetan suatu karakter. Fungsi ini akan berguna untuk mengirim sejumlah karakter kefile didisk atau modem dan mangakhirinya dengan karakter NULL.. File header yang harus disertakan adalah file header iostream.h .

Contoh-8 # include

# include

# include

main()

{

int a, b, c, d;

clrscr();

cout<<"Masukan Nilai A : "; cin>>a;

cout<<"Masukan Nilai B : "; cin>>b;

c = a % b;

d = a * b;

cout<<"Hasil dari C = A % B adalah "<

cout<<"Hasil dari D = A * B adalah "<

getch();

}

c. dec, oct dan hex

Penjelasan dec, oct dan hex merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk desimal, oktal dan hexadesimal. File header yang harus disertakan adalah file header iomanip.h .

Contoh-9 # include

# include

# include

# include

void main()

{

int nilai = 10;

clrscr();

cout<<"Nilai = "<

cout<<"Nilai ke Octal = "<

cout<<"Nilai ke Hexadesimal = "<

cout<<"Nilai ke Desimal = "<

getch();

}

d. setprecision ()

Penjelasan Fungsi setprecision() merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk mengatur jumlah digit desimal yang ingin ditampilkan. Fungsi ini biasa pada fungsi cout(), file header yang harus disertakan adalah file header iomanip.h .

Contoh-10 # include

# include

# include

# include

void main()

{

float a, b, c;

a = 25.77;

b = 23.45;

clrscr();

c = a * b;

cout<

cout<

cout<

cout<

cout<

cout<

getch();

}

2.5. Perintah Masukan

Penjelasan Perintah standar input yang disediakan oleh Borland C++, diantaranya adalah :

  • scanf()
  • gets()
  • cout()
  • getch
  • getche()

2.5.1. scanf()

Penjelasan Fungsi scanf() digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data. Bentuk Umum dari fungsi ini adalah :

scanf("penentu format", &nama-variabel);


Keterangan simbol & merupakan pointer yang digunakan untuk menunjuk kealamat variabel memori yang dituju.

Tabel 2.7. Penentu Format scanf()

TIPE DATA

Penentu Format Untuk scanf()

Integer

%d

Floating Point

Bentuk Desimal

%e atau %f

Bentuk Berpangkat

%e atau %f

Double Precision

%lf

Character

%c

String

%s

Unsigned Integer

%u

Long Integer

%ld

Long Unsigned Integer

%lu

Unsigned Hexadecimal Integer

%x

Unsigned Octal Integer

%o

Contoh-11 # include

# include

main()

{

int a, b, c = 0 ;

clrscr();

printf("Masukan Nilai A = "); scanf("%d",&a);

printf("Masukan Nilai B = "); scanf("%d",&b);

c = a + b;

printf("Hasil Penjumlahan = %d",c);

}

2.5.2. gets()

Penjelasan Fungsi gets() digunakan untuk memasukkan data string. Bentuk Umum dari fungsi ini adalah :

gets(nama-variabel-array);


Perbedaan antara scanf() dengan gets() adalah :

Tabel 2.8. Perbedaan scanf() dengan gets()

scanf()

gets()

Tidak dapat menerima string yang mengandung spasi atau tab dan dianggap sebagai data terpisah

Dapat menerima string yang mengandung spasi atau tab dan masing dianggap sebagai satu kesatuan data.

Contoh-12 # include

# include

main()

{

char nm1[20];

char nm2[20];

clrscr();

puts("Masukan nama ke - 1 = ");

gets(nm1);

printf("Masukan nama ke - 2 = ");

scanf("%s",&nm2);

printf("\n\n");

puts("Senang Berkenalan Dengan Anda ..");

puts(nm1);

printf("Senang Berkenalan Dangan Anda ..%s", nm1);

puts("Senang Berkenalan Dangan Anda ..");

puts(nm1);

printf("\n\n");

puts("Senang Berkenalan Dangan Anda ..");

puts(nm2);

printf("Senang Berkenalan Dangan Anda ..%s", nm2);

}

2.5.3. cin ()

Penjelasan Fungsi cin() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk memasukkan suatu data. Untuk menggunakan fungsi cin() ini, harus menyertakan file header iostream.h .

Contoh-13 # include

# include

# include

main()

{

float a, b, c;

clrscr();

cout<<"Masukan Nilai A : ";

cin>>a;

cout<<"Masukan Nilai B : ";

cin>>b;

c = a + b;

cout<<"Masukan Nilai C : "<

}

2.5.4. getch ()

Penjelasan Fungsi getch() (get character and echo) dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.

Contoh-14 # include

# include

main()

{

char kar;

clrscr();

printf("Masukan Sebuah Karakter Bebas = ");

kar = getch();

printf("\nTadi Anda Memasukan karakter %c", kar);

getch();

}

2.5.5. getche()

Penjelasan Fungsi getche()dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.

Contoh-15 # include

# include

main()

{

char kar;

clrscr();

printf("Masukan Sebuah Karakter Bebas = ");

kar = getche();

printf("\nTadi Anda Memasukan karakter %c", kar);

getch ();

}

Selain itu kedua fungsi ini dapat digunakan untuk menahan agar tidak langsung balik kembali kedalam listing program dan hasil dari program yang di eksekusi dapat dilihat tanpa menekan tombol ALT – F5. Karena fungsi getch() merupakan fungsi masukkan, jadi sebelum program keluar harus menginputkan satu buah karakter.

. Operator Aritmatika

Penjelasan Operator untuk operasi aritmatika yang tergolong sebagai operator binary adalah :

Tabel 3.1. Operator Aritmatika

Operator

Keterangan

Contoh

*

Perkalian

4 * 5

/

Pembagian

8 / 2

%

Sisa Pembagian

5 % 2

+

Penjumlahan

7 + 2

Pengurangan

6 − 2

Operator yang tergolong sebagai operator Unary, adalah :

Tabel 3.2. Operator Unary

Operator

Keterangan

Contoh

+

Tanda Plus

4

Tanda Minus

+6

Contoh-1 #include

#include

#include

main()

{

int a, b, c = 0, d = 0;

clrscr();

cout<<"Masukan Nilai A : "; cin>>a;

cout<<"Masukan Nilai B : "; cin>>b;

c = a % b;

d = a * b;

cout<<" Hasil dari C = A % B = "<

cout<<" Hasil dari D = A * B = "<

getch();

}

Bab 4 : Operasi Penyeleksian Kondisi

Penjelasan Pernyataan Percabangan digunakan untuk memecahkan persoalan untuk mengambil suatu keputusan diantara sekian pernyataan yang ada. Untuk keperluan pengambilan keputusan, Borland C++ menyediakan beberapa perintah antara lain.

4.1. Pernyataan IF

Penjelasan Pernyataan if mempunyai pengertian, “ Jika kondisi bernilai benar, maka perintah akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan diabaikan”. Dari pengertian tersebut dapat dilihat dari diagram alir berikut:


salah

benar

Gambar 4.1. Diagram Alir IF

Bentuk umum dari pernyataan if

if (kondisi)

pernyataan;


Penulisan kondisi harus didalam tanda kurung dan berupa ekspresi relasi dan penulisan pernyataan dapat berupa sebuah pernyataan tunggal, pernyataan majemuk atau pernyataan kosong. Jika pemakaian if diikuti dengan pernyataan majemuk, bentuk penulisannya sebagai berikut :

if (kondisi)

{

pernyataan;

……

}


Contoh 1 :

Menentukan besarnya potongan dari pembelian barang yang diberikan seorang pembeli, dengan kriteria :

· Tidak ada potongan jika total pembelian kurang dari Rp. 50.000,-

· Jika total pembelian lebih dari atau sama dengan Rp. 50.000,- potongan yang diterima sebesar 20% dari total pembelian.

Program-IF -

#include

#include

#include

main()

{

double tot_beli, potongan=0, jum_bayar=0;

clrscr();

cout<<"Total Pembelian Rp. ";

cin>>tot_beli;

if (tot_beli >= 50000)

potongan = 0.2 * tot_beli;

cout>>"Besarnya Potongan Rp. "<

jum_bayar = tot_beli - potongan;

cout>>"Jumlah yang harus dibayarkan Rp. ",jum_bayar;

getch();

}

Contoh 2 :

Buatlah sebuah program menuliskan teks “Program Diploma Komputer” jika diinput sebuah bilangan ganjil.

Program 2 :

//---------------------------------------------------------------------------

#include

#include

int main(int argc, char* argv[])

{

int x;

printf("Masukkan sebuah bilangan = ");

scanf("%d",&x);

if(x%2!=0)

{

printf("Program Diploma Komputer");

}

getch();

return 0;

}

//---------------------------------------------------------------------------

4.1.1. Pernyataan IF - ELSE

Penjelasan Pernyataan if mempunyai pengertian, “ Jika kondisi bernilai benar, maka perintah-1 akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan mengerjakan perintah-2”. Dari pengertian tersebut dapat dilihat dari diagram alir berikut


salah

benar

Gambar 7.2. Diagram Alir if-else

Bentuk umum dari pernyataan if

if (kondisi)

perintah-1;

else

perintah-2;


if (kondisi)

{

perintah-1;

...

}

else

{

perintah-2;

...

}

Perintah-1 dan perintah-2 dapat berupa sebuah pernyataan tunggal, pernyataan majemuk atau pernyataan kosong. Jika pemakaian if-else diikuti dengan pernyataan majemuk, bentuk penulisannya sebagai berikut :

Contoh

Menentukan besarnya potongan dari pembelian barang yang diberikan seorang pembeli, dengan kriteria :

· jika total pembelian kurang dari Rp. 50.000,- potongan yang diterima sebesar 5% dari total pembelian.

· Jika total pembelian lebih dari atau sama dengan Rp. 50.000,- potongan yang diterima sebesar 20% dari total pembelian.

Program- IF-Else #include

#include

#INCLUDE

main()

{

double tot_beli, potongan=0, jum_bayar=0;

clrscr();

cout<<"Total Pembelian Rp. ";

cin>>tot_beli;

if (tot_beli >= 50000)

potongan = 0.2 * tot_beli;

else

potongan = 0.05 * tot_beli;

cout>>"Besarnya Potongan Rp. "<

jum_bayar = tot_beli - potongan;

cout>>"Jumlah yang harus dibayarkan Rp. ",jum_bayar;

getch();

}

4.1.2. Pernyataan NESTED IF

Penjelasan Nested if merupakan pernyataan if berada didalam pernyataan if yang lainnya. Bentuk penulisan pernyataan Nested if adalah :

if(syarat)

if(syarat)

… perintah;

else

… perintah;

else

if(syarat)

… perintah;

else

… perintah;


Contoh

Suatu perusahaan memberikan komisi kepada para selesman dengan ketentuan sebagai berikut:

· Bila salesman dapat menjual barang hingga Rp. 20.000 ,- , akan diberikan uang jasa sebesar Rp. 10.000 ditambah dengan uang komisi Rp. 10% dari pendapatan yang diperoleh hari itu.

· Bila salesman dapat menjual barang diatas Rp. 20.000 ,- , akan diberikan uang jasa sebesar Rp. 20.000 ditambah dengan uang komisi Rp. 15% dari pendapatan yang diperoleh hari itu.

· Bila salesman dapat menjual barang diatas Rp. 50.000 ,- , akan diberikan uang jasa sebesar Rp. 30.000 ditambah dengan uang komisi Rp. 20% dari pendapatan yang diperoleh hari itu.

Contoh-Nested-If #include

#include

#include

main()

{

float pendptan, jasa=0, komisi=0, total=0;

clrscr();

cout>>"Pendapatan Hari ini Rp. ";

cin

if (pendptan >= 0 && pendptan <= 200000)

{

jasa=10000;

komisi=0.1*pendptan;

}

else

{

if(pendptan<=500000)

{

jasa=20000;

komisi=0.15*pendptan;

}

else

{

jasa=30000;

komisi=0.2*pendptan;

}

}

/* menghitung total */

total = komisi+jasa;

cout<<"Uang Jasa Rp. "<

cout<<"Uang Komisi Rp. "<

cout<<"============================="<

cout<<"Hasil Total Rp. "<

getch();

}

4.1.3. Pernyataan IF – ELSE Majemuk

Penjelasan Bentuk dari if-else bertingkat sebenarnya serupa dengan nested if, keuntungan penggunanan if-else bertingkat dibanding dengan nested if adalah penggunaan bentuk penulisan yang lebih sederhana.

Bentuk Penulisannya

if (syarat)

{

… perintah;

… perintah;

}

else if (syarat)

{

… perintah;

… perintah;

}

else

{

… perintah;

… perintah;

}


Contoh

Suatu perusahaan memberikan komisi kepada para selesman dengan ketentuan sebagai berikut:

· Bila salesman dapat menjual barang hingga Rp. 200.000 ,- , akan diberikan uang jasa sebesar Rp. 10.000 ditambah dengan uang komisi Rp. 10% dari pendapatan yang diperoleh hari itu.

· Bila salesman dapat menjual barang diatas Rp. 200.000 ,- , akan diberikan uang jasa sebesar Rp. 20.000 ditambah dengan uang komisi Rp. 15% dari pendapatan yang diperoleh hari itu.

· Bila salesman dapat menjual barang diatas Rp. 500.000 ,- , akan diberikan uang jasa sebesar Rp. 30.000 ditambah dengan uang komisi Rp. 20% dari pendapatan yang diperoleh hari itu.

Contoh-IF-Else-IF

#include

#include

#include

main()

{

float pendptan, jasa=0, komisi=0, total=0;

clrscr();

cout>>"Pendapatan Hari ini Rp. ";cin

if (pendptan >= 0 && pendptan <= 200000)

{

jasa=10000;

komisi=0.1*pendptan;

}

else if(pendptan<=500000)

{

jasa=20000;

komisi=0.15*pendptan;

}

else

{

jasa=30000;

komisi=0.2*pendptan;

}

/* menghitung total */

total = komisi+jasa;

cout<<"Uang Jasa Rp. "<

cout<<"Uang Komisi Rp. "<

cout<<"============================="<

cout<<"Hasil Total Rp. "<

getch();

}

4.2. Pernyataan switch - case

Penjelasan Bentuk dari switch - case merupakan pernyataan yang dirancangan khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif penyelesaian. Pernyataan switch - case ini memiliki kegunaan sama seperti if – else bertingkat, tetapi penggunaannya untuk memeriksa data yang bertipe karakter atau integer. Bentuk penulisan perintah ini sebagai berikut :

switch (ekspresi integer atau karakter )

{

case konstanta-1 :

… perintah;

… perintah;

break;

case konstanta-2 :

… perintah;

… perintah;

break;

……

……

default :

… perintah;

… perintah;

}


Setiap cabang akan dijalankan jika syarat nilai konstanta tersebut dipenuhi dan default akan dijalankan jika semua cabang diatasnya tidak terpenuhi.

Pernyataan break menunjukan bahwa perintah siap keluar dari switch. Jika pernyataan ini tidak ada, maka program akan diteruskan kecabang – cabang yang lainnya.

Contoh-Switch-Case-1

#include

#include

#include

main()

{

char kode;

clrscr();

cout<<"Masukkan Kode Barang [A..C] : ";

cin>>kode;

switch(kode)

{

case 'A' :

cout<<"Alat Olah Raga";

break;

case 'B' :

cout<<"Alat Elelktronik";

break;

case 'C' :

cout<<"Alat Masak";

break;

default:

cout<<"Anda Salah Memasukan kode";

break;

}

getch();

}

Contoh- Switch-Case-2

#include

#include

#include

main()

{

char kode;

clrscr();

cout<<"Masukkan Kode Barang [A..C] : ";

cin>>kode;

switch(kode)

{

case 'A' :

case 'a' :

cout<<"Alat Olah Raga";

break;

case 'B' :

case 'b' :

cout<<"Alat Elelktronik";

break;

case 'C' :

case 'c' :

cout<<"Alat Masak";

break;

default:

cout<<"Anda Salah Memasukan kode";

break;

}

getch();

Proses Perulangan

Penjelasan Operasi perulangan selalu dijumpai didalam bahasa pemrograman, disini akan dibahasa beberapa perintah perulangan diantaranya.

5.1. Pernyataan for

Penjelasan Perulangan yang pertama adalah for. Bentuk umum pernyataan for sebagai berikut :

for ( inisialisasi; syarat pengulangan; pengubah nilai pencacah )


Bila pernyataan didalam for lebih dari satu maka pernyataan-pernyataan tersebut harus diletakan didalam tanda kurung.

for ( inisialisasi; syarat pengulangan; pengubah nilai pencacah )

{

pernyataan / perintah;

pernyataan / perintah;

pernyataan / perintah;

}


Kegunaan dari masing-masing argumen for diatas adalah :

· Inisialisasi : merupakan bagian untuk memberikan nilai awal untuk variabel-variabel tertentu.

· Syarat Pengulangan : memegang kontrol terhadap pengulangan, karena bagian ini yang akan menentukan suatu perulangan diteruskan atau dihentikan.

· Pengubah Nilai Pencacah : mengatur kenaikan atau penurunan nilai pencacah.

Contoh :

Sebagai contoh program untuk mencetak bilangan dari 1 hingga 10 secara menaik, secara menurun dan menampilkan bilangan ganjil, sebagai berikut:

Contoh-1 /* --------------------------- */

/* Program for - bilangan naik */

/* --------------------------- */

#include

#include

#include

main()

{

int a;

clrscr();

for(a = 1; a <= 10; ++a)

cout>>a;

getch();

}

Contoh-2 /* ---------------------------- */

/* Program for - bilangan turun */

/* ---------------------------- */

# include

# include

#include

main()

{

int a;

clrscr();

for(a = 10; a >= 1; --a)

cout>>a;

getch();

}

Contoh-3 /* ----------------------------- */

/* Program for - bilangan ganjil */

/* ----------------------------- */

#include

#include

#include

main()

{

int a;

clrscr();

for(a = 1; a <= 10; a+=2)

cout>>a;

getch();

}

Contoh-4 /* ------------------------------*/

/* Program Menampilkan Warna - 1 */

/* ------------------------------*/

#include

#include

main()

{

int a=2, b=1, c=2, d=1, e;

clrscr();

for(e=1; 17>e; e++)

{

gotoxy(e, e); textcolor(e);

cprintf("\nwarna ke-%d",e);

}

textcolor(4+BLINK); cprintf("Borland C++");

getche();

}

Contoh-5 /* ------------------------------*/

/* Program Menampilkan Warna - 2 */

/* ------------------------------*/

#include

#include

int main(void)

{

int i;

clrscr();

for (i=0; i<20; i++)

{

textattr(i + ((i+1) << 4));

cprintf("Borland C++\r\n");

}

getch();

return 0;

}

5.1.1. Pernyataan nested - for

Penjelasan Pernyataaan Nested for adalah suatu perulangan for didalam perulangan for yang lainnya. Bentuk umum pernyataan Nested for sebagai berikut :

for ( inisialisasi; syarat pengulangan; pengubah nilai pencacah )

{

for ( inisialisasi; syarat pengulangan; pengubah nilai pencacah)

{

pernyataan / perintah;

}

}


Didalam penggunaan nested-for, perulangan yang didalam terlebih dahulu dihitung hingga selesai, kemudian perulangan yang diluar diselesaikan.

Contoh-6 /* ------------------------- */

/* Program for - Nested for */

/* ------------------------- */

#include

#include

main()

{

int a, b;

clrscr();

for(a = 1; a <= 5; a++)

{

printf("\n");

for(b = a; b <= 5; b++)

printf(" %d ",a);

}

getch();

}

5.1.2. Perulangan Tidak Berhingga

Penjelasan Perulangan tak berhingga merupakan perulangan ( loop ) yang tak pernah berhenti atau mengulang terus, hal ini sering terjadi disebabkan adanya kesalahan penanganan kondisi yang dipakai untuk keluar dari loop.

Sebagai contoh, jika penulisan perintah sebagai berikut :

Contoh-6 /* ------------------------- */

/* Program for Tdk Berhingga */

/* ------------------------- */

#include

#include

main()

{

int bil;

clrscr();

for (bil = 60; bil >=10; bil++)

printf("%d", bil);

getch();

}

Pada pernyataan ini tidak akan berhenti untuk menampilkan bilangan menurun, kesalahan terjadi pada pengubah nilai pencacah, seharusnya penulisan yang benar berupa

bil --

Akan tetapi yang ditulis adalah :

bil ++

Oleh karena kondisi bil >= 1 selalu bernilai benar ( karena bil bernilai 6), maka pernyataan

printf("%d", bil);

akan terus dijalankan.

Jika terjadi hal semacam ini, untuk menghentikan proses yang terus menerus semacam ini denan menekan tombol CTRL – PAUSE atau CTRL – BREAK.

5.2. Pernyataan goto

Penjelasan Pernyataan goto merupakan instruksi untuk mengarahkan eksekusi program ke-pernyataan yang diawali dengan suatu label. Label merupakan suatu pengenal (identifier) yang diikuti dengan tanda titik dua ( : ). Bentuk pemakaian goto sebagai berikut :

goto label;

Contoh Penggunaan goto, dapat dilihat pada program berikut :

Contoh-7 /* ------------------------------ */

/* Program dengan pernyataan goto */

/* ------------------------------ */

#include

#include

#include

main()

{

int a, b;

char lagi;

atas:

clrscr();

cout>>"Masukkan Bilangan = ";

cin<

b = a % 2;

printf("Nilai %d %% 2 adalah = %d",a, b);

printf("\n\nIngin Hitung Lagi [Y/T] : ");

lagi = getche() ;

if (lagi == 'Y' || lagi == 'y')

goto atas;

getch();

}

5.3. Pernyataan while

Penjelasan Pernyataan perulangan while merupakan instruksi perulangan yang mirip dengan perulangan for. Bentuk perulangan while dikendalikan oleh syarat tertentu, yaitu perulangan akan terus dilaksanakan selama syarat tersebut terpenuhi.

Bentuk umum perulangan while, sebagai berikut :

while ( syarat )

Pernyataan / perintah ;


Bentuk umum perulangan while, dengan lebih dari perintah / pernyataan, sebagai berikut :

while ( syarat )

{

Pernyataan / perintah ;

Pernyataan / perintah ;

}


Contoh-8 /* ------------------- */

/* Program while01.cpp */

/* ------------------- */

#include

#include

main()

{

int bil=1;

clrscr();

while(bil<=10)

{

printf(" %d ",bil);

++bil;

}

getch();

}

Contoh-9 /* ------------------- */

/* Program while02.cpp */

/* ------------------- */

#include

#include

main()

{

int bil=2;

clrscr();

while(bil<=10)

{

printf(" %d ",bil);

bil+=2;

}

getch();

}

5.4. Pernyataan do - while

Penjelasan Pernyataan perulangan do - while merupakan bentuk perulangan yang melaksanakan perulangan terlebih dahulu dan pengujian perulangan dilakukan dibelakang.

Bentuk umum perulangan do - while, sebagai berikut :

do

pernyataan / perintah ;

while ( syarat );


Bentuk umum perulangan do - while, dengan lebih dari perintah / pernyataan, sebagai berikut :

do

{

Pernyataan / perintah ;

Pernyataan / perintah ;

}

while ( syarat );


Contoh-10 /* ------------------ */

/* Program do - while */

/* ------------------ */

#include

#include

main()

{

int bil=2;

clrscr();

do

{

printf(" %d ",bil);

bil+=2;

}

while(bil<=10);

getch();

}

5.5. Pernyataan break

Penjelasan Pernyataan break telah dibahas pada pernyataan pengambilan keputusan switch. Pernyataan break ini berfungsi untuk keluar dari struktur switch. Selain itu pernyataan break berfungsi keluar dari perulangan ( for, while dan do-while ). Jika pernyataan break dikerjakan, maka eksekusi akan dilanjutkan ke pernyataan yang terletak sesudah akhir dari badan perulangan ( loop ).

Contoh-11 /* ------------------------------- */

/* Program do - while dengan break */

/* ------------------------------- */

#include

#include

main()

{

int bil = 1;

clrscr();

do

{

if (bil >= 6)

break;

printf(" %d ",bil);

}

while(bil++);

getch();

}

Contoh-12 /* ----------------------------- */

/* Perulangan FOR dengan break; */

/* ----------------------------- */

#include

#include

main()

{

int a=3, b=2, c=1, bil;

clrscr();

printf("Bil-A | Bil-B | Bil-C\n");

printf("-------------------------");

for(bil=1; bil<=10; ++bil)

{

a+=b; b+=c; c+=2;

printf("\n%d \t| %d \t| %d",a, b, c);

if(c==13)

break;

}

getche();

}

5.6. Pernyataan continue

Penjelasan Pernyataan continue digunakan untuk mengarahkan eksekusi ke iterasi (proses) berikutnya pada loop yang sama, dengan kata lain mengembalikan proses yang sedang dilaksanakan ke-awal loop lagi, tanpa menjalankan sisa perintah dalam loop tersebut.

Contoh-13 /* ----------------------------- */

/* Perulangan FOR dengan coninue */

/* ----------------------------- */

#include

#include

main()

{

int bil;

clrscr();

for(bil=1; bil<=10; ++bil)

{

if(bil==6)

continue;

printf(" %d ",bil);

}

getch();

}

Fungsi

Penjelasan Fungsi (Function) merupakan blok dari kode yang dirancang untuk melaksanakan tugas khusus.

Pada intinya fungsi berguna untuk :

- Mengurangi pengulangan penulisan program yang berulangan atau sama.

- Program menjadi terstruktur, sehingga mudah dipahami dan dikembangkan.

Fungsi-fungsi yang sudah kita kenal sebelumnya adalah fungsi main(), yang bersifat mutlak, karena fungsi ini program akan dimulai, sebagai contoh yang lainnya fungsi printf() yang mempunyai tugas untuk menampilkan informasi atau data kelayar dan masih banyak lainnya.

6.1. Struktur Fungsi

Penjelasan Sebuah fungsi sederhana mempunyai bentuk penulisan sebagai berikut :

nama_fungsi(argumen)

{

… pernyataan / perintah;

… pernyataan / perintah;

… pernyataan / perintah;

}

Keterangan:

- Nama fungsi, boleh dituliskan secara bebas dengan ketentuan, tidak menggunakan spasi dan nama-nama fungsi yang mempunyai arti sendiri.

- Argumen, diletakan diantara tanda kurung “( )” yang terletak dibelakang nama fungsi. Argumen boleh diisi dengan suatu data atau dibiarkan kosong.

- Pernyataan / perintah, diletakan diantara tanda kurung ‘{ }’.

Pada pemanggilan sebuah fungsi, cukup dengan menuliskan nama fungsinya.

Contoh pembuatan fungsi sederhana

Contoh-1 /* pembuatan fungsi garis() */

garis()

{

printf("\n----------------------\n");

}

/* program utama */

main()

{

clrscr();

garis();

cout<<"AMIK BSI - Pondok Labu"<

garis();

getche();

}

6.2. Prototipe Fungsi

Penjelasan Prototipe fungsi digunakan untuk menjelaskan kepada kompiler mengenai :

· Tipe keluaran fungsi.

· Jumlah parameter.

· Tipe dari masing-masing parameter.

Salah satu keuntungan pemakai prototipe, kompiler akan melakukan konversi antara tipe parameter dalam definisi dan parameter saat pemanggilan fungsi tidak sama atau akan menunjukkan kesalahan jika jumlah parameter dalam definisi dan saat pemanggilan berbeda.

Contoh prototipe fungsi :

Nama-fungsi

float total ( float a, float b); di-akhiri titik koma

Tipe parameter kedua

Tipe parameter pertama

Tipe keluaran fungsi

Jika dalam penggunaan fungsi yang dideklarasikan dengan menggunakan prototipe, maka bentuk definisi harus diubah. Sebagai contoh pada pendefinisian berikut :

float total(a, b)

float a, y;

Bentuk pendefinisian diatas harus diubah menjadi bentuk modern pendefinisian fungsi :

Nama fungsi

float total(float a, float b) Tidak menggunakan titik koma

parameter b

Tipe parameter b

parameter a

Tipe parameter a

Tipe keluaran fungsi

6.3. Parameter Fungsi

Penjelasan Terdapat dua macam para parameter fungsi, yaitu :

· Parameter formal adalah variabel yang ada pada daftar parameter dalam definisi fungsi.

· Parameter Aktual adalah variabel yang dipakai dalam pemanggilan fungsi.

Bentuk penulisan Parameter Formal dan Parameter Aktual.

Ada dua cara untuk melewatkan parameter ke dalam fungsi, yaitu berupa :

6.3.1. Pemanggilan dengan nilai ( Call by Value )

Penjelasan Pemanggilan dengan nilai merupakan cara yang dipakai untuk seluruh fungsi buatan yang telah dibahas didepan. Pada pemanggilan dengan nilai, nilai dari parameter aktual akan ditulis keparameter formal. Dengan cara ini nilai parameter aktual tidak bisa berubah, walaupun nilai parameter formal berubah.

Contoh-2 /* ------------------------ */

/* Penggunaan Call By Value */

/* Program Pertukaran Nilai */

/* ------------------------ */

#include

#include

#include

tukar(int x, int y);

main()

{

int a, b;

a = 88;

b = 77;

clrscr();

cout<<"Nilai Sebelum Pemanggilan Fungsi";

cout<<"\na = "<

tukar(a,b);

cout<<"\nNilai Setelah Pemanggilan Fungsi";

cout<<"\na = "<

getch();

}

tukar(int x, int y)

{

int z;

z = x;

x = y;

y = z;

cout<<"\n\nNilai di dalam Fungsi Tukar()";

cout<<"\nx = "< cout<

}

6.3.2. Pemanggilan dengan Referensi (Call by Reference)

Penjelasan Pemanggilan dengan reference merupakan upaya untuk melewatkan alamat dari suatu variabel kedalam fungsi. Cara ini dapat dipakai untuk mengubah isi suatu variabel diluar fungsi dengan melaksanakan pengubahan dilakukan didalam fungsi.

Contoh-3 /* ---------------------------- */

/* Penggunaan Call By Reference */

/* Program Pertukaran Nilai */

/* ---------------------------- */

#include

#include

#include

tukar(int *x, int *y);

main()

{

int a, b;

a = 88;

b = 77;

clrscr();

cout<<"Nilai Sebelum Pemanggilan Fungsi";

cout<<"\na = "<

tukar(&a,&b);

cout<

cout<<"\nNilai Setelah Pemanggilan Fungsi";

cout<<"\na = "<

getch();

}

tukar(int *x, int *y)

{

int z;

z = *x;

*x = *y;

*y = z;

cout<

cout<<"\nNilai di Akhir Fungsi Tukar()";

cout<<"\nx = "<<*x<<" y = "<<*y;

}

Pengiriman Data Ke Fungsi

6.5.1. Pengiriman Data Konstanta Ke Fungsi.

Penjelasan Mengirimkan suatu nilai data konstanta ke suatu fungsi yang lain dapat dilakukan dengan cara yang mudah, dapat dilihat dari program berikut :

Contoh-5 /* ------------------------ */

/* Pengriman data Konstanta */

/* ------------------------ */

#include

#include

#include

luas(float sisi);

main()

{

float luas_bs;

clrscr();

luas_bs = luas(4.25);

cout<<"\nLuas Bujur Sangkar = "<

getch();

}

luas(float sisi)

{

return(sisi*sisi);

}

Keterangan :

Dalam struktur program diatas dilihat bahwa, pernyataan luas_bs(4.25), akan dikirimkan kepada fungsi luas(), untuk diolah lebih lanjut, yang nilai tersebut akan ditampung pada variabel sisi.

6.5.2. Pengiriman Data Variabel Ke Fungsi

Penjelasan Bentuk pengiriman data Variabel, sama seperti halnya pengiriman suatu nilai data konstanta ke suatu fungsi, hanya saja nilai yang dikirimkan tersebut senantiasa dapat berubah-ubah. Bentuk pengiriman tersebut dapat dilihat dari program berikut :

Contoh-6 /* ------------------------ */

/* Pengriman data Konstanta */

/* ------------------------ */

#include

#include

#include

luas(float sisi);

main()

{

float luas_bs, sisi_bs;

clrscr();

cout<<"\nMenghitung Luas Bujur Sangkar"<

cout<<"\nMasukan Nilai Sisi Bujur Sangkar : ";

cin>>sisi_bs;

luas_bs = luas(sisi_bs);

cout<<"\nLuas Bujur Sangkar = "<

getch();

}

luas(float sisi)

{

return(sisi*sisi);

}

Bab 7 : Array

Penjelasan Variabel Larik atau lebih dikenal dengan ARRAY adalah adalah Tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe yang sama. Suatu Array mempunyai jumlah komponen yang banyaknya tetap. Banyaknya komponen dalam suatu larik ditunjukan oleh suatu indek untuk membedakan variabel yang satu dengan variabel yang lainnya.

Variabel array dalam Borland C++, dapat digolongkan menjadi tiga buah dimensi :

· Array Berdimensi Satu.

· Array Berdimensi Dua

· Array Berdimensi Tiga.

Pembahasan ini, hanya dibatasi pada Array Berdimensi Dua saja :

7.1. Array Berdimensi Satu

Penjelasan Sebelum digunakan, variabel array perlu dideklarasikan terlebih dahulu. Cara mendeklarasikan variabel array sama seperti deklarasi variabel yang lainnya, hanya saja diikuti oleh suatu indek yang menunjukan jumlah maksimum data yang disediakan.

Deklarasi Array Bentuk Umum pendeklarasian array :

Tipe-Data Nama_Variabel[Ukuran]

Keterangan :

· Type Data : Untuk menyatakan type data yang digunakan.

· Ukuran : Untuk menyatakan jumlah maksimum elemen array.

Contoh Pendeklarasian Array

float Nil_Akhir[6];


Jumlah Elemen Array

Nama Array

Tipe data elemen array

Suatu array dapat digambarkan sebagai kotak panjang yang berisi kotak-kotak kecil didalam kotak panjang tersebut.

Elemen Array


0 1 2 3 4 5 Subscript / Index

ARRAY NIL_AKHIR

Subscript atau Index array pada Borland C++, selalu dimulai dari Nol ( 0 )

Mengakses Suatu array, dapat diakses dengan menggunakan subscript atau index nya:

Elemen Bentuk umum pengaksesan dengan bentuk :

Nama_Array[Subscript/Index]


Contoh Nil_Akhir[3];

Nil_Akhir[1];

Nil_Akhir[0];

Contoh-1 /* ---------------------------- */

/* Program Array Satu Dimensi */

/* ---------------------------- */

#include

#include

#include

#include

main()

{

int i;

char nama[5][20];

float nilai1[5];

float nilai2[5];

float hasil[5];

clrscr();

for(i=1;i<=2;i++)

{

cout<<"Data Ke - "<

cout<<"Nama Siswa : "; gets(nama[i]);

cout<<"Nilai Teori : "; cin>>nilai1[i];

cout<<"Nilai Praktek : "; cin>>nilai2[i];

hasil[i] = (nilai1[i] * 0.40)+ (nilai2[i] * 0.60);

cout<

}

cout<<"------------------------------------------";

cout<<"-------"<

cout<<"No. Nama Siswa Nilai Nilai ";

cout<<"Hasil"<

cout<<" Mid Tes FInal ";

cout<<"Ujian"<

cout<<"------------------------------------------";

cout<<"-------"<

for(i=1;i<=2;i++)

{

cout<

cout<

cout< "<

cout< "<

cout< "<

}

cout<<"------------------------------------------";

cout<<"-------"<

getch();

}

Inisialisasi Inisialisasi adalah memberikan nilai awal terhadap suatu variabel. Bentuk

Array pendefinisian suatu array dapat dilihat dari contoh berikut :

Tipe_data nama_array[jml_elemen] = { nilai array };

Contoh float nilai[5] = {56.5, 66.7, 87.45, 98,5, 78.9 };

Contoh-2 /* ----------------------------- */

/* Inisialisasi Array Dimensi 1 */

/* ----------------------------- */

#include

#include

#include

void main()

{

float nilai[5] = {56.4, 67.6, 57.7, 76.3, 72.5};

int i;

clrscr();

for(i=0; i<5; i++)

{

cout<<"Nilai Array Index ke - "<

cout<

}

getch();

}

7.2. Array Berdimensi Dua

Penjelasan Array dimensi dua tersusun dalam bentuk baris dan kolom, dimana indeks pertama menunjukan baris dan indeks kedua menunjukan kolom. Array dimensi dua dapat digunakan seperti pendatan penjualan, pendataan nilai dan lain sebagainya.

Deklarasi Array Bentuk Umum pendeklarasian array :

Tipe-Data Nama_Variabel[index-1][index-2]

Keterangan :

· Type Data : Untuk menyatakan type data yang digunakan.

· Index-1 : Untuk menyatakan jumlah baris

· Index-2 : Untuk menyatakan jumlah kolom

Contoh Pendeklarasian Array

Sebagai contoh pendeklarasian yang akan kita gunakan adalah pengolahan data penjualan, berikut dapat anda lihat pada tabel berikut :

Data Penjualan Pertahun

Jenis Barang

Tahun Penjualan

2001

2002

2003

Printer

150

159

230

Monitor

100

125

150

Keyboard

210

125

156

Tabel 7.1. Tabel Data Penjualan Pertahun

Jika anda lihat dari tabel 7.1 diatas maka dapat dituliskan kedalam array dimensi dua berikut :

int data_jual[3][3];


Jumlah Kolom

Jumlah Baris

Nama Array

Tipe data elemen array

Mengakses Suatu array, dapat diakses dengan menggunakan subscript atau index nya:

Elemen Bentuk umum pengaksesan dengan bentuk :

Nama_Array[index-1][index-2]


Contoh data_jual[2][2];

data_jual[1][2];

Contoh-3 /* ---------------- */

/* Array Dimensi 2 */

/* ---------------- */

#include

#include

#include

#include

main()

{

int i, j;

int data_jual[4][4];

clrscr();

for(i=1;i<=3;i++)

{

for(j=1;j<=3;j++)

{

cout<<"Data Ke - "<

cout<<"Jumlah Penjulan : ";

cin>>data_jual[i][j];

}

}

cout<<"Data Penjualan Pertahun"<

cout<<"-----------------------"<

cout<<"NO 2001 2002 2003"<

cout<<"-----------------------"<

for(i=1;i<=3;i++)

{

cout<

for(j=1;j<=3;j++)

{

cout<

cout<

cout<<" ";

}

cout<

}

cout<<"-----------------------"<

getch();

}

Inisialisasi Inisialisasi adalah memberikan nilai awal terhadap suatu variabel. Bentuk

Array pendefinisian suatu array dapat dilihat dari contoh berikut :

Tipe_data nama_array[jml_elemen] = { nilai array };

Contoh float data[2][5] = { {2, 3, 4, 5, 2},

{4, 2, 6, 2, 7},

};

Contoh-3 /* ---------------- */

/* Array Dimensi 2 */

/* Copyright 1995 */

/* Abdul Kadir */

/* ---------------- */

#include

#include

#include

void main()

{

int i, j;

int huruf[8][8] =

{

{1,1,1,1,1,1,0,0},

{1,1,0,0,0,1,0,0},

{1,1,0,0,0,1,0,0},

{1,1,1,1,1,1,1,0},

{1,1,0,0,0,0,1,0},

{1,1,0,0,0,0,1,0},

{1,1,0,0,0,0,1,0},

{1,1,1,1,1,1,1,0},

};

clrscr();

for(i=0;i<8;i++)

{

for(j=0;j<8;j++)

if (huruf[i][j] == 1)

cout<<'\xDB';

else

cout<<'\x20';

cout<

}

getch();

}

Macro

Penjelasan Didalam penyusunan suatu makro ada beberapa hal yang perlu dipelajari adalah :

9.1. Preprocessor Directives

Penjelasan Adalah instruksi yang diberikan kepada kompiler, sesaat sebelum proses kompilasi berlangsung. Didalam penggunaan preprocessor directive selalu dimulai dengan tanda : #

Ada beberapa preprocessor directive, diantaranya adalah :

9.1.1. # define

Penjelasan Digunakan untuk mendefinisikan suatu nilai tertentu kepada suatu nama konstanta. Bentuk umum dari preprocessor directive #define ini adalah :

#define nama_konstanta teks

Contoh :

Teks

#define A 6

Nama_Konstanta

Dalam pendeklarasian preprocessor directive #define, Nama_Konstanta sebaiknya ditulis dengan menggunakan huruf besar, guna untuk membedakannya dengan nama_variabel. Sedangkan Teks merupakan suatu nilai yang diberikan pada nama_konstanta. Teks dapat berupa :

· Numerik à #define PI 3.14

· Karakter à #define HURUF ‘B’

· String à #define JABATAN “Direktur”

· Pernyataan à #define CETAK (“Turbo C”)

· Fungsi Sederhana à #define LUAS_KUBUS (n*n)

Setelah #define ditentukan didalam program cukup dituliskan nama_konstantanya saja. # define akan mengganti semua nama konstanta tadi dengan teksnya sebelum proses kompilasi dimulai.

Contoh-1 /* -------------------------- */

/* Program Penggunaan #define */

/* Nama File : define01.cpp */

/* -------------------------- */

#include

#include

#include

#define PI 3.141592

#define L(n) PI*n*n

main()

{

clrscr();

cout<<"Luas Lingkaran dengan : "<

cout<<"Jari-jari = 5 adalah "<

cout<<"Jari-jari = 10 adalah "<

getche();

}

Contoh-2 /* -------------------------- */

/* Program Penggunaan #define */

/* Nama File : define02.cpp */

/* -------------------------- */

#include

#include

#include

#define awal {

#define akhir }

#define mulai() main()

#define cetak cout

#define masuk cin

#define hapus() clrscr()

#define tahan() getch()

#define LS_KUBUS (sisi*sisi)

mulai()

awal

int sisi, ls_kubus;

hapus();

cetak<<"Program Penggunaan #define"<

cetak<<"Masukkan Nilai Sisi Kubus = ";

masuk>>sisi;

ls_kubus = LS_KUBUS;

cetak<<"Luas Kubus adalah : "<

tahan();

akhir

9.1.2. # include

Preprocessor #include telah dibahas pada bab sebelumnya, yaitu berfungsi untuk memasukkan atau menyertakan file-file header kedalam program yang akan dibuat. Dalam penulisan #include ada dua bentuk penulisan :

#include “nama_file_header”

atau

#include

Pada bentuk penulisan #include mempunyai arti yang berbeda, yaitu :

· #include "nama_file_header"

“Pertama kali compiler akan mencari file header yang disebutkan pada directory yang sedang aktif dan apa bila tidak ditemukan akan mencari pada directory dimana file header tersebut berada “.

· #include

“Pertama kali compiler akan mencari file header yang disebutkan pada directory yang ada file headernya, kecuali pada directory yang sedang aktif.

9.2. Pembuatan File Header

Penjelasan File Header adalah suatu file dengan akhiran .h . File ini sebenarnya berisikan deklarasi fungsi dan definisi konstanta. Selain file-file header standar yang disediakan oleh Turbo C, kita dapat juga membuat file header sediri, dengan cara yang sama seperti membuat file editor. Yang harus diperhatikan pada saat menyimpan file header yang telah dibuat harus digunakan akhiran .h .

Berikut contoh file header standar yang disediakan oleh Borland C++.

/* types.h

Types for dealing with time.

Copyright (c) Borland International 1987,1988

All Rights Reserved.

*/

#ifndef __TIME_T

#define __TIME_T

typedef long time_t;

#endif

Berikut kita akan membuat suatu file header sendiri yang akan digunakan pada file editor.

Buatlah program file heder dibawah ini, kemudian simpan dengan nama : atur.h

Contoh-3 /* atur.h

contoh pembuatan file header untuk pengaturan.

Copyright (c) Virusland Corp 2001

All Rights Reserved.

*/

#define awal {

#define akhir }

#define mulai() main()

#define cetak cout

#define tampil cprintf

#define masuk scanf

#define hapus() clrscr()

#define jika if

#define warna textcolor

Buatlah program dibawah ini, kemudian gunakan file header yang sudah anda buat dan simpan dengan nama : sendiri.cpp

Contoh-4 /* ---------------------------------- */

/* program dengan file header sendiri */

/* ---------------------------------- */

#include

#include

#include

#include"atur.h"

mulai()

awal

int a, b, c;

hapus();

warna(4);

tampil("\nPROGRAM PENJUMLAHAN\n");

cout<

cout<<"Masukkan Nilai A = "<<;

cin>>a;

cout<<"Masukkan Nilai B = "<<;

cin>>b;

c=a+b;

cout<<"Hasil dari "<

tahan();

akhir

Bab 10 : Structure

Penjelasan Structure digunakan untuk mengelompokan sejumlah data yang mempunyai tipe data yang berbeda. Variabel-variabel yang membentuk sebuah struktur dinamakan elemen struktur. Struktur sama seperti Record di dalam Bahasa Pemrograman Pascal

10.1. Deklarasi Structure

Penjelasan Structure dapat deklarasikan seperti berikut

struct nama_tipe_struktur

{

elemen_struktur;

.....

.....

};


atau

struct

{

elemen_struktur;

.....

.....

} nama_tipe_struktur;


Contoh struct

Deklarasi {

char nim[5];

char nama[15];

float nilai;

} mahasiswa;

Contoh-1 /* ---------------------------- */

/* Program Penggunaan structure */

/* Nama File : struct1.cpp */

/* ---------------------------- */

#include

#include

#include

main()

{

struct

{

char nim[5];

char nama[15];

float nilai;

} mahasiswa;

clrscr();

cout<<"masukan NIM = ";

cin>>mahasiswa.nim;

cout<<"masukan Nama = ";

cin>>mahasiswa.nama;

cout<<"masukan Nilai Akhir = ";

cin>>mahasiswa.nilai;

clrscr();

cout<<"NIM = "<

cout<<"Nama = "<

cout<<"Nilai Akhir = "<

getch();

}

10.2. Nested Structure

Penjelasan Nested Structure merupakan suatu Structure dapat digunakan didalam structure yang lainnya. Hal seperti ini anda dapat lihat pada program berikut ini :

Contoh-2 /* ----------------------------------- */

/* Program Penggunaan Nested structure */

/* Nama File : struct2.cpp */

/* ----------------------------------- */

#include

#include

#include

main()

{

struct dtmhs

{

char nim[5];

char nama[15];

};

struct dtnil

{

float nil1;

float nil2;

};

struct

{

struct dtmhs mhs;

struct dtnil nil;

} nilai;

clrscr();

//-> masukan data

cout<<"masukan NIM = "; cin>>nilai.mhs.nim;

cout<<"masukan Nama = "; cin>>nilai.mhs.nama;

cout<<"masukan Nilai UTS = "; cin>>nilai.nil.nil1;

cout<<"masukan Nilai UAS = "; cin>>nilai.nil.nil2;

cout<

//-> menampilkan hasil masukan

cout<<"masukan NIM = "<

cout<<"masukan Nama = "<

cout<<"masukan Nilai UTS = "<

cout<<"masukan Nilai UAS = "<

cout<

getch();

return(0);

}

10.3. Structure dengan Array

Penjelasan Penggunaan Array sering dikaitkan dengan Structure, sehingga membentuk Array dari Structure. Berikut bentuk deklarasi array structure :

struct

{

elemen_struktur;

.....

.....

} nama_tipe_struktur[jml_index];


Contoh-3 /* ---------------------------------- */

/* Program Penggunaan array structure */

/* Nama File : struct3.cpp */

/* ---------------------------------- */

#include

#include

#include

main()

{

int i, j=1;

struct

{

char nim[5];

char nama[15];

float nilai;

} mhs[5];

clrscr();

for(i=0; i<2; i++)

{

cout<<"masukan NIM = "; cin>>mhs[i].nim;

cout<<"masukan Nama = "; cin>>mhs[i].nama;

cout<<"masukan Nilai Akhir = "; cin>>mhs[i].nilai;

}

for(i=0; i<2; i++)

{

cout<<"Data Ke - "<

cout<<"NIM = "<

cout<<"Nama = "<

cout<<"Nilai Akhir = "<

cout<

}

getch();

}

10.4. Structure dengan Function

Penjelasan Suatu elemen-elemen dari suatu Structure dapat dikirimkan ke dalam suatu function dengan cara yang sama seperti mengirimkan suatu variabel sederhana kedalam suatu function.

Berikut contoh sederhana yang anda dapat lihat pada contoh program berikut :

Contoh-4 /* ------------------------------------------ */

/* Program Penggunaan structure pada function */

/* Nama File : struct4.cpp */

/* ------------------------------------------ */

#include

#include

#include

char* ket(float n);

main()

{

int i, j=1, k=1;

struct

{

char nim[5];

char nama[15];

float nilai;

} mhs[5];

clrscr();

for(i=0; i<2; i++)

{

cout<<"Data Ke - "<

cout<<"masukan NIM = "; cin>>mhs[i].nim;

cout<<"masukan Nama = "; cin>>mhs[i].nama;

cout<<"masukan Nilai Akhir = "; cin>>mhs[i].nilai;

cout<

}

clrscr();

for(i=0; i<2; i++)

{

cout<<"Data Ke - "<

cout<<"NIM = "<

cout<<"Nama = "<

cout<<"Nilai Akhir = "<

cout<<"Keterangan yang didapat = ";

cout<

cout<

}

getch();

}

char* ket(float n)

{

if(n > 65)

return 'Lulus';

else

return 'Gagal';

}

Contoh kasus:

Buatlah sebuah program menentukan bilangan terbesar dari 3 buah bilangan.

Program:

//---------------------------------------------------------------------------

#include

#pragma hdrstop

#include

#include

//---------------------------------------------------------------------------

#pragma argsused

int main(int argc, char* argv[])

{

int a,b,c;

printf("Masukkan bilangan A = ");scanf("%d",&a);

printf("Masukkan bilangan B = ");scanf("%d",&b);

printf("Masukkan bilangan C = ");scanf("%d",&c);

if(a>=b&&a>=c)

{

printf("Bilangan %d terbesar",a);

}

else if(b>=a&&b>=c)

{

printf("Bilangan %d terbesar",b);

}

else

{

printf("Bilangan %d terbesar",c);

}

getch();

return 0;

}

//---------------------------------------------------------------------------

Contoh kasus:

Menentukkan nama hari berdasarkan kode hari.

Program:

//---------------------------------------------------------------------------

#include

#pragma hdrstop

#include

#include

//---------------------------------------------------------------------------

#pragma argsused

int main(int argc, char* argv[])

int hari;

printf("Menentukan nama hari dalam seminggu \n");

printf("1. Ahad 2. Senin 3. Selasa 4. Rabu ");

printf("5. Kamis 6. Jum'at 7. Sabtu \n");

printf("Kode hari = ");scanf("%d",&hari);

switch(hari)

{

case 1: printf("Hari Ahad");

break;

case 2: printf("Hari Senin");

break;

case 3: printf("Hari Selasa");

break;

case 4: printf("Hari Rabu");

break;

case 5: printf("Hari Kamis");

break;

case 6: printf("Hari Jum'at");

break;

case 7: printf("Hari Sabtu");

break;

default: printf("Kode hari SALAH!");

}

getch();

return 0;

}

//---------------------------------------------------------------------------

Contoh Kasus: Menampilkan deret dari 0 – 20.

Program:

//---------------------------------------------------------------------------

#include

#pragma hdrstop

#include

#include

//---------------------------------------------------------------------------

#pragma argsused

int main(int argc, char* argv[])

int i;

i=0;

while(i<=20)

{

printf("%d ");

i++;

}

getch();

return 0;

}

//---------------------------------------------------------------------------

Contoh Kasus: Menampilkan deret menurun dari 20 sampai 0.

Program:

//---------------------------------------------------------------------------

#include

#pragma hdrstop

#include

#include

#pragma argsused

int main(int argc, char* argv[])

{

int i;

i=0;

do

{

printf("%d ");

i++;

}

while(i<=20);

getch();

return 0;

}

//---------------------------------------------------------------------------

Contoh Kasus: Menampilkan deret bilangan 1 – 100 yang habis dibagi dengan 2 dan

habis dibagi dengan 3.

Program:

//---------------------------------------------------------------------------

#include

#pragma hdrstop

#include

#include

//---------------------------------------------------------------------------

#pragma argsused

int main(int argc, char* argv[])

{

int i;

for(i=1;i<=100;i++)

{

if(i%2==0&&i%3==0)

{

printf("%d ",i);

}

}

getch();

return 0;

}

//---------------------------------------------------------------------------

LATIHAN

1. Buatlah Program untuk mencetak tampilan sebagai berikut :

**********

*********

********

*******

******

*****

****

***

**

*

Gunakan perulangan while atau for..!

2. Buatlah Program untuk mencetak 10 bilangan prima pertama.

2 3 5 7 13 17….

D E K L A R A S I P O I N T ER

Seperti halnya variabel yang lain, variabel pointer juga harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Bentuk Umum : Tipe_data *nama_pointer;

Tipe data pointer mendefinisikan tipe dari obyek yang ditunjuk oleh pointer. Secara teknis, tipe apapun dari pointer dapat menunjukkan lokasi (dimanapun) dalam memori. Bahkan operasi pointer dapat dilaksanakan relatif terhadap tipe dasar apapun yang ditunjuk. Contoh, ketika kita

mendeklarasikan pointer dengan tipe int*, kompiler akan menganggap alamat yang ditunjuk menyimpan nilai integer - walaupun sebenarnya bukan (sebuah pointer int* selalu menganggap bahwa ia menunjuk ke sebuah obyek bertipe integer, tidak peduli isi sebenarnya). Karenanya,

sebelum mendeklarasikan sebuah pointer, pastikan tipenya sesuai dengan tipe obyek yang akan ditunjuk.

Contoh :

int *px;

char *sh;

Contoh Program :

#include “stdio.h”

#include “conio.h”

int main()

{

int x, y; /* x dan y bertipe int */

int *px; /* px pointer yang menunjuk objek */

clrscr();

x = 87;

px = &x; /* px berisi alamat dari x */

y = *px; /* y berisi nilai yang ditunjuk px */

printf(“Alamat x = %p\n”, &x);

printf(“Isi px = %p\n”, px);

printf(“Isi x = %i\n”, x);

printf(“Nilai yang ditunjuk oleh px = %i\n”, *px);

printf(“Nilai y = %i\n”, y);

getch();

}

O P E R A S I P O I N T ER

Operasi Penugasan

Suatu variable pointer seperti halnya variable yang lain, juga bisa mengalami operasi penugasan. Nilai dari suatu variable pointer dapat disalin ke variable pointer yang lain.

Contoh Program :

#include “stdio.h”

#include “conio.h”

int main()

{

float *x1, *x2, y;

clrscr();

y = 13.45;

x1 = &y; /* Alamat dari y disalin ke variabel x1 */

x2 = x1; /* Isi variabel x1 disalin ke variabel x2 */

printf(“Nilai variabel y = %.2f ada di alamat %p\n”, y, x1);

printf(“Nilai variabel y = %.2f ada di alamat %p\n”, y, x2);

getch();

}

Operasi Aritmatika

Suatu variabel pointer hanya dapat dilakukan operasi aritmatika dengan nilai integer saja. Operasi yang biasa dilakukan adalah operasi penambahan dan pengurangan. Operasi penambahan dengan suatu nilai menunjukkan lokasi data berikutnya (index selanjutnya) dalam memori. Begitu juga

operasi pengurangan.

Contoh Program :

#include “stdio.h”

#include “conio.h”

int main()

{

int nilai[3], *penunjuk;

clrscr();

nilai[0] = 125;

nilai[1] = 345;

nilai[2] = 750;

penunjuk = &nilai[0];

printf(“Nilai %i ada di alamat memori %p\n”, *penunjuk, penunjuk);

printf(“Nilai %i ada di alamat memori %p\n”, *(penunjuk+1),

penunjuk+1);

printf(“Nilai %i ada di alamat memori %p\n”, *(penunjuk+2),

penunjuk+2);

getch();

}

Operasi Logika

Suatu pointer juga dapat dikenai operasi logika.

Contoh Program :

#include “stdio.h”

#include “conio.h”

int main()

{

int a = 100, b = 200, *pa, *pb;

clrscr();

pa = &a;

pb = &b;

if(pa < pb)

printf(“pa menunjuk ke memori lebih rendah dari pb\n”);

if(pa == pb)

printf(“pa menunjuk ke memori yang sama dengan pb\n”);

if(pa > pb)

printf(“pa menunjuk ke memori lebih tinggi dari pb\n”);

getch();

}

P O I N T E R D A N S T R I NG

Contoh Program 1 :

#include “stdio.h”

#include “conio.h”

char *nama1 = “SPIDERMAN”;

char *nama2 = “GATOTKACA”;

int main()

{

char namax;

clrscr();

puts(“SEMULA :”);

printf(“Saya suka >> %s\n”, nama1);

printf(“Tapi saya juga suka >> %s\n”, nama2);

/* Penukaran string yang ditunjuk oleh pointer nama1 dan nama2 */

printf(“SEKARANG :”);

printf(“Saya suka >> %s\n”, nama1);

printf(“Dan saya juga masih suka >> %s\n”, nama2);

getch();

}

Contoh Program 2 :

#include

void misteri1(char *);

int main()

{

char string[] = "characters";

printf("String sebelum proses adalah %s", string);

misteri1(string);

printf("String setelah proses adalah %s", string);

}

void misteri1(char *s)

{

while ( *s != '\0' )

{

if ( *s >= 'a' && *s <= 'z' )

*s -= 32;

++s;

}

}

P O I N T E R M E N U N J U K S U A T U A R R AY

Contoh Program :

#include “stdio.h”

#include “conio.h”

int main()

{

static int tgl_lahir[] = { 13,9,1982 };

int *ptgl;

ptgl = tgl_lahir; /* ptgl berisi alamat array */

printf(“Diakses dengan pointer”);

printf(“Tanggal = %i\n”, *ptgl);

printf(“Bulan = %i\n”, *(ptgl + 1));

printf(“Tahun = %i\n”, *(ptgl + 2));

printf(“\nDiakses dengan array biasa\n”);

printf(“Tanggal = %i\n”, tgl_lahir[0]);

printf(“Bulan = %i\n”, tgl_lahir[1]);

printf(“Tahun = %i\n”, tgl_lahir[2]);

getch();

}

M E M B E R I N I L A I A R R A Y D E N G A N P O I N T ER

Contoh Program :

#include “stdio.h”

#include “conio.h”

int main()

{

int x[5], *p, k;

clrscr();

p = x;

x[0] = 5; /* x[0] diisi dengan 5 sehingga x[0] = 5 */

x[1] = x[0]; /* x[1] diisi dengan x[0] sehingga x[1] = 5 */

x[2] = *p + 2; /* x[2] diisi dengan x[0] + 2 sehingga x[2] = 7 */

x[3] = *(p+1) – 3; /* x[3] diisi dengan x[1] - 3 sehingga x[3] = 2 */

x[4] = *(x + 2); /* x[4] diisi dengan x[2] sehingga x[4] = 7 */

for(k=0; k<5; k++)

printf(“x[%i] = %i\n”, k, x[k]);

getch();

}

P O I N T E R D A N R E C O RD

Latihan6.cpp

//---------------------------------------------------------------------------

#include

#pragma hdrstop

#include

#include

#include

struct biodata

{

char nim[11];

char nama[25];

struct

{

char jalan[20];

char kota[15];

char kodepos[5];

} alamat;

struct

{

int tanggal;

int bulan;

int tahun;

} lahir;

};

//---------------------------------------------------------------------------

#pragma argsused

int main(int argc, char* argv[])

{

struct biodata *mahasiswa;

/* Input Biodata Mahasiswa*/

printf("NIM : ");scanf("%s",mahasiswa->nim);

printf("Nama Mahasiswa : ");scanf("%s",mahasiswa->nama);

printf("\n");

printf("Alamat\n");

printf("Jalan : ");scanf("%s",mahasiswa->alamat.jalan);

printf("Kota : ");scanf("%s",mahasiswa->alamat.kota);

printf("Kode Pos : ");scanf("%s",mahasiswa->alamat.kodepos);

printf("\n");

printf("Lahir\n");

printf("Tanggal(xx) : ");scanf("%i",&mahasiswa->lahir.tanggal);

printf("Bulan(xx) : ");scanf("%i",&mahasiswa->lahir.bulan);

printf("Tahun(xxxx) : ");scanf("%i",&mahasiswa->lahir.tahun);

printf("\n\n");

/* Output Biodata Mahasiswa*/

printf("NIM : %s\n",mahasiswa->nim);

printf("Nama : %s\n",mahasiswa->nama);

printf("Alamat : Jl. %s %s %s\n",mahasiswa->alamat.jalan,

mahasiswa->alamat.kota,

mahasiswa->alamat.kodepos);

printf("Tanggal Lahir : %i - %i - %i \n",mahasiswa->lahir.tanggal,

mahasiswa->lahir.bulan,mahasiswa->lahir.tahun);

getch();

return 0;

}

//---------------------------------------------------------------------------

Deixe o seu comentario

Posting Komentar